Visit Bandung

18 Desember 2014

Loyalitas Bobotoh dan Viking

Suporter memang sangat dibutuhkan dan sangat berguna untuk meningkatkan motivasi para pemain sepak bola.Tanpa suporter, sepak bola bagaikan semut tanpa gula.Karena itu suporter disebut sebagai pemain ke-12.Namun tidak sedikit pula supporter yang memiliki loyalitas tinggi atau kesetian yang tinggi dalam mendukung klub kesayangannya.
BOBOTOH. Ya mereka memang selalu ada saat Persib Bandung bertanding kapanpun dan dimanapun.Mereka menunjukkan kesetiannya dalam mendukung Persib Bandung.Mereka juga rela berkorban demi mendukung tim kesayangannya Persib Bandung.Berbeda dengan suporter lain,Bobotoh ataupun Viking memiliki anggota di Se-Asia Pasifik bahkan di seluruh dunia mereka ada.



Bahkan Bobotoh atau Viking dinobatkan sebagai suporter terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di Asia mereka menempati posisi 5 besar sebagai suporter sepakbola terbesar dan terbanyak.Ini membuktikan bahwa mereka sangat setia dan fanatisme mereka terhadap klub kesayangan mereka sangat tinggi.

Jika dilihat dari jumlahnya, di Indonesia saja ada sekitar 6 juta pendukung dan itu juga belum semuanya.Masih ada yang berada di luar negeri.Kesetiaan tinggi yang mereka tunjukkan dan yang paling menonjol adalah saat Persib Bandung akan berlaga melawan Persipura di Final kompetesi ISL ( Indonesia Super League) di Palembang 7 November 2014

Mereka berangkat dari Bandung dengan menggunakan lebih 100 bus dan kendaraan pribadi.Sebelum berangkat pun mereka rela menjual barang berharga mereka mulai dari HP hingga sepeda untuk biaya tour ke Palembang.Meskipun di jalan sempat ada oknum yang mengganggu perjalanan mereka,tapi mereka tidak putus asa dan terus berjuang untuk menuju Palembang .

Loyalitas mereka memang patut diacungi jempol.Karena mereka rela melewati apapun demi mendukung Persib Bandung.Usaha keras mereka untuk ke Palembang ternyata tidak sia-sia.Mereka mampu  memompa semangat para pemain Persib Bandung.Hingga akhirnya Persib Bandung mampu menjuarai ISL 2014 berkat dukungan suporter setianya. 

Tidak hanya itu,bahkan saat rombongan Persib tiba di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung,para bobotoh dan viking sudah menunggu sejak pagi.Walaupun rombongan Persib baru tiba setelah Dzuhur atau sekitar pukul 13.30,mereka tetap bersabar untuk menunggu kedatangan rombongan Persib.Setelah rombongan Persib tiba dan turun dari pesawat Hercules , bobotoh langsung menyambut Pasukan Maung Bandung dengan berbagai macam yel-yel atau lagu.

Kemeriahan bobotoh pun berlanjut hingga di jalan saat Pasukan Maung Bandung menuju Mess Persib di Jalan Ahmad Yan atau yang biasa disebut Sidolig.Di jalan mereka mengawal bus yang ditumpangi para pemain Persib Bandung hingga membuat lalu lintas macet bahkan tak bergerak,maklum saja karena pada saat itu ada puluhan ribu bobotoh yang memadati jalan-jalan protokol di Bandung.Bahkan di Mess Persib sudah ada ribuan bobotoh yang menunggu kedatangan Pasukan Maung Bandung.








Kemeriahan dan kegembiraan bobotoh juga berlanjut saat Pasukan Maung Bandung melakukan pawai kemenangan dan memamerkan trofi juara mereka di jalan-jalan protokol di Bandung.Antusiasme para bobotoh dan viking bahkan warga pun terlihat dari pagi hari sebelum konvoi dimulai.Mereka rela menunggu berjam-jam demi melihat trofi juara Persib Bandung.Tak hanya itu , kemeriahan juga berlanjut setelah Bandung berpesta 3 hari 3 malam.Sampai sekarang pun euforianya masih terasa , apalagi jika melihat berita Persib Bandung di berbagai media.

Kesetiaan dan loyalitas mereka disebut-sebut fanatisme  mereka mengalahkan fanatisme suporter klub-klub di Eropa seperti Barcelona dan Real Madrid. Wajar mereka sangat fanatik terhadap Persib Bandung, karena mereka telah haus dan rindu melihat Persib juara setelah 19 tahun mereka menunggu penantian tersebut ,karena terakhir kali Persib juara musim 1994/1995.

Namun kesetiaan ini juga harus dibarengi dengan ketertiban bobotoh dan kedewasaan bobotoh .Karena dengan itu mereka tidak hanya memikirkan diri mereka sendiri dan tidak serta merta mengabaikan keselamatan.Saya pun sebagai bobotoh , sangat berharap ada peningkatan kedewasaan dan ketertiban para bobotoh dan viking. Mudah-mudahan dapat memperbaiki saya sendiri juga.Karena kebahagiaan berawal dari ketertiban dan ketaatan.





SALAM PERSIB
                                                    KAMI SELALU BERSAMAMU



           



             


            











        
           
Share:

0 komentar:

Posting Komentar