Visit Bandung

17 Maret 2018

Penting! Ini Empat Alun-Alun di Kota Bandung

Alun-alun biasanya identik dengan pusat keramaian di suatu kota dan biasanya letak alun-alun dekat dengan mesjid. Untuk Indonesia sendiri lokasi alun-alun rata-rata dengan mesjid dan biasanya berada di pusat kota. Sama halnya dengan beberapa alun-alun yang ada di kota-kota di Jawa Barat. Letak alun-alun yang dekat dengan mesjid dan berada di pusat kota membuat alun-alun mudah dijangkau masyarakat terutama bagi mereka yang nongkrong-nongkrong dan bermain di taman atau lapangan alun-alun.

Namun tidak selamanya alun-alun identik dekat dengan mesjid dan pusat kota. Kota Bandung salah satunya yang memiliki keunikan ini. Dari empat alun-alun yang ada di Bandung dan satu yang dalam tahap pembangunan, 2 diantaranya berada dekat dengan mesjid dan 3 berada di kawasan yang bisa dikatakan dekat dengan permukiman warga.
       
Berikut ini empat lokasi alun-alun di Kota Bandung yang bisa anda jadikan destinasi wisata anda bersama keluarga anda dan orang yang anda sayangi saat waktu luang.

1. Alun-Alun Bandung
Alun-Alun Bandung atau yang biasa disebut Taman Alun-Alun Bandung terletak di kawasan pusat kota dan CBD (Central Business District) Kota Bandung dand dekat dengan Mesjid Agung Raya Provinsi Jawa Barat tepatnya di Jalan Asia Afrika. Alun-Alun Bandung ini kini lebih asri dan lebih tertata serta lebih nyaman setelah direvitalisasi di era pemerintahan Ridwan Kamil-Oded Danial pada tahun 2014.

Sebelumnya Alun-Alun Bandung bisa dibilang biasa-biasa saja sama seperti alun-alun di daerah lain. Bahkan ada beberapa sudut yang sedikit kumuh. Namun kini di Alun-Alun Bandung disediakan fasilitas yang cukup menarik. Lapangan alun-alun ini dipasangi rumput sintetis, adanya taman bunga, fasilitas fitness dan arena atau fasilitas bermain anak-anak. Semenjak direvitalisasi, Alun-Alun  Bandung ini menjadi destinasi favorit para wisatawan saat akhir pekan dan masa liburan.

2. Alun-Alun Ujungberung
Alun-Alun yang satu ini memang tidak sepopuler Alun-Alun Bandung. Namun bagi anda atau warga Bandung Timur pasti mengetahuinya. Alun-Alun Ujungberung berada di timur Kota Bandung. Alun-Alun Ujung Berung ini lokasinya dengan Mesjid Raya Ujungberung. Lokasi Alun-Alun Ujung Berung sendiri berada di Jalan A. H. Nasution, Kota Bandung.

Alun-Alun Ujungberung juga mengalami revitalisasi di era pemerintahan Ridwan Kamil-Oded pada tahun 2015. Alun-Alun Ujungberung memiliki berbagai fasilitas diantaranya toilet, jogging track, lapangan, ampiteater, saung dan berbagai fasilitas umum lainnya. Saat anda memasuki Alun-Alun, anda akan disambut oleh gapura dengan bentuk ornamen khas Sunda.

3. Alun-Alun Cicendo
Alun-Alun Cicendo ini baru saja diresmikan pada akhir tahun 2017 kemarin. Salah satu alasan Alun-alun ini dibangun yaitu untuk memecah keramaian masyarakat di Alun-Alun Asia Afrika. Jadi warga Kota Bandung yang tinggal di wilayah barat tidak perlu jauh-jauh ke Alun-Alun Asia Afrika.  Lokasi Alun-Alun Cicendo berada di barat Kota Bandung tepatnya di Jalan Arjuna dan cukup dekat dengan Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Stasiun Andir. Jika dari Alun-Alun Asia Afrika kurang lebih jaraknya.

Fasilitas yang ditawarkan di Alun-Alun Cicendo pun cukup beragam. Ada ampiteater, toilet, kolam, podium, taman besi, taman sandal, lapangan basket, lapangan skateboard, musala dan fasilitas lainnya. Selain itu terdapat kios-kios pasar seni , kios-kios PKL dan tempat parkir di basement. Beberapa sudut di sini pun bisa anda jadikan spot foto, salah satunya dengan latar belakang bangunan unik di Alun-Alun Cicendo ini. 

Namun, terdapat kekurangan di Alun-Alun Cicendo, yaitu masih kurangnya fasilitas penerangan. Terlepas dari hal itu, Alun-Alun Cicendo tetap bisa anda jadikan destinasi alternatif rekreasi anda bersama keluarga dan orang terdekat anda.

 4. Alun-Alun Regol
Berbeda dengan alun-alun lainnya, Alun-Alun Regol ini lokasinya berada di wilayah permukiman penduduk yaitu di Jalan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Buah Batu, Kota Bandung. Untuk akses sendiri mudah dijangkau. Alun-Alun Regol ini bisa diakses melalui Jalan Soekarno-Hatta (By Pass) yang berseberangan kantor PT. LEN. Alun-alun yang berada di selatan Kota Bandung ini konsepnya cenderung mengarah ke taman. Alun-Alun Regol ini bagian revitalisasi Sungai Cikapundung sepanjang 1 km bersama BBWS.

Alun-alun ini juga sangat teduh dan sejuk karena berada di bawah pepohonan. Anda juga bisa mengakses Alun-Alun Regol ini melalui Jalan Buah Batu. Lokasi alun-alun ini cukup strategis. Jarak dari jalan raya By Pass sekitar 300 meter dan sekitar 1 km dari Jalan Buah Batu.

Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup beragam. Bagi anak-anak alun-alun ini menyediakan kolam untuk bermain air, playground, area bunga, gazebo, kolam ikan jembatan penyeberangan sungai, toilet, bangku taman dan lain-lain. Untuk masalah parkir, Alun-Alun Regol menyediakan lahan parker yang cukup luas.. Alun-Alun Regol ini memiliki taman terpanjang yang panjangnya sekitar 250 meter. Sebelumnya lokasi ini sangat sepi dan gelap saat malam hari.


5. Alun-Alun Kiaracondong
Alun-Alun Kiaracondong ini  dibangun dengan konsep hutan kota. Pembangunan Alun-Alun Kiaracondong ini menelan biaya yang cukup besar. Lokasi Alun-Alun Kiarcondong sendiri berada di samping Fly Over Antapani atau di perempatan Kiaracondong-Jalan Jakarta. Alun-Alun Kiaracondong ini dibangun di atas lahan seluas 13 hektare. Fasilitas yang akan disediakan diantaranya danau, Taman Asia Afrika, kolam dan tribun tempat duduk. 



Share:

1 komentar: