Visit Bandung

22 April 2018

Ini Perbedaan Damri dan Trans Metro Bandung

Bagi kalian orang Bandung, pasti tahu Trans Metro Bandung. Ya, Trans Metro Bandung yang biasa dipanggil TMB merupakan Bus Rapid Transit (BRT) yang dimiliki Kota Bandung. Trans Metro Bandung ini mulai beroperasi pada tahun 2004. Dari rencana 11 koridor yang direncanakan, baru 5 koridor yang beroperasi.

Selain Trans Metro Bandung, ada juga Trans Bandung Raya atau biasa lebih dikenal dengan Damri. Damri beroperasi dengan 11 trayek baik rute dalam Kota Bandung maupun rute lintas Bandung Raya. Semua unit Damri telah diremajakan dan sudah dilengkapi AC.

Nah, mungkin diantara kalian ada yang masih bingung atau mungkin belum mengetahui perbedaan antara Trans Metro Bandung dan Trans Bandung Raya (Damri). Sebenarnya bodi bus semuanya hampir sama dengan standar bus rapid transit. Berikut saya akan uraikan apa saja perbedaan secara rinci  antara Trans Metro Bandung dan Trans Bandung Raya (Damri).

1. Perbedaan gambar/corak pada bodi bus
Jika anda teliti, anda akan sangat mudah membedakannya. Pada bus Trans Metro Bandung pada bodi bus terdapat gambar bunga matahari dengan ukuran yang cukup besar kecuali pada koridor 4 rute Antapani – Leuwi Panjang yang bergambar Gedung Sate pada bodinya, sedangkan pada Trans Bandung Raya (hampir semuanya) terdapat gambar gedung  dengan garis putih pada bodinya

2. Perbedaan tarif
Tarif Trans Metro Bandung memiliki tarif yang seragam. Semua koridor Trans Metro Bandung memiliki tarif Rp 4000 pembayaran tunai dan Rp 3000 jika menggunakan e-money. Sedangkan Damri/ Trans Bandung Raya memiliki tarif bervariasi mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-.

3. Perbedaan operator/pengelola
Trans Metro Bandung dikelola sekaligus dioperatori oleh Pemkot Bandung lebih spesifiknya Dishub Kota Bandung dalam hal ini. Sebelumnya Trans Metro Bandung dioperatori oleh pihak swasta, namun kini diambil alih oleh Pemkot Bandung. Untuk pelayanan tetap sama. Sedangkan Trans Bandung Raya dioperatori oleh Perum Damri.

4. Terdapat stiker dan kode khusus
Pada Trans Metro Bandung di kaca depan kiri atas terdapat stiker yang bertuliskan “K2-08” (hanya contoh). Artinya bus tersebut merupakan Trans Metro Bandung koridor 2 dan 2 angka belakang merupakan kode bus tersebut.  Pada Trans Metro Bandung terdapat stiker bertuliskan Trans Metro Bandung pada bagian depan bus tepatnya di bawah kaca depan.

Sedangkan pada Trans Bandung Raya (Damri)  kode khusus terdapat pada bagian belakang (di bawah kaca) dan depan (di atas kaca lampu). Kode tersebut memilki 4 digit. Contoh 5241. Untuk stiker bertuliskan “Trans Bandung Raya atau Damri” hanya terdapat di bagian samping bodi bus.

5. Perbedaan waktu beroperasi
Untuk Trans Metro Bandung beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 19.00. Sedangkan Trans Bandung Raya (Damri) beroperasi pukul 05.00 hingga 20.00. Kadang jadwal tertera tidak sesuai dengan jadwal di lapangan.


Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Jangan lupa gunakan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan. Jadilah warga yang memberi solusi dan turut berpartisipasi, bukan menjadi warga yang mencaci  tanpa memberi solusi

Kritik dan saran dikirim melalui muhfauzanp@gmail.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar