Visit Bandung

04 Oktober 2020

Loko Coffee Bandung, Kafenya Pesepeda

                                     

Loko Coffee Shop Bandung, berada di Jalan Kebon Kawung No.43, Kota Bandung (Foto: Muhammad Fauzan P.)

Bersepeda memang menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat perkotaan. Apalagi bagi kota-kota metropolitan di Eropa seperti Amsterdam, Belanda, sepeda menjadi alat transportasi utama masyarakat. Hal tersebut menjadikan Amsterdam dijuluki 'Kota Ramah Sepeda'. Di jalanan banyak ditemui pesepeda, baik itu berolahraga maupun beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan sekolah.

Jika di sana sudah lama budaya bersepeda menjadi ciri khas, Indonesia pun beberapa bulan terakhir mulai muncul budaya tersebut. Masyarakat berbondong-bondong bersepeda sebagai sarana olahraga di tengah pandemi Covid-19. Beberapa kota metropolitan di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya banyak ditemukan masyarakat bersepeda terutama di akhir pekan.

Seperti di Kota Bandung, warga di kota berjuluk Paris Van Java ini semakin ramai bersepeda. Mereka biasanya bersepeda di hari sabtu dan minggu. Pada hari-hari biasa mereka bersepeda di sore hari. Kebiasaan ini berdampak positif terhadap lingkungan sekaligus membangun tren bersepeda agar masyarakat secara bertahap meninggalkan kendaraan bermotor pribadi.

Tren bersepeda di Kota Bandung pun membuat sentra penjualan sepeda di kawasan Veteran dan Kosambi kebanjiran pesanan dan pembeli. Apalagi di akhir pekan, warga ramai mengunjungi toko-toko sepeda di kawasan tersebut.

Nah, bagi kalian warga Kota Bandung yang sedang ikut demam atau memang rutin gowes alias bersepeda, ada tempat kece nih buat nongkrong setelah bersepeda. Bisa menjadi tempat ngaso atau cek poin maupun tempat beristirahat juga nih. Namanya Loko Coffee Shop, berada di Jalan Kebon Kawung No.43 persis di samping Stasiun Bandung.

Selain letaknya yang strategi berada di pusat kota, kafé ini juga menjadi salah satu spot primadona bagi pesepeda di Kota Bandung untuk berkumpul dan beristirahat. Memasuki teras kafe, kalian akan disambut gapura kecil. Penanda tempat parkir sepeda pun semakin menyimbolkan kafé ini memang “Kafenya Pesepeda”.







Kafé ini memang cocok untuk para pesepeda. Pengelola kafé pun menyediakn tempat parkir sepeda 
yang bisa menampung puluhan unit sepeda. Selain itu  ada spot foto khusus pesepeda yang diberi nama bike point. Setiap hari sabtu dan minggu Loko Coffee Shop menyediakan breakfast atau sarapa gratis bagi para pesepeda.

Suasana teduh di bawah rimbunnya pepohonan bisa membuat kalian betah berlama-lama di sini. Meja dan bangku yang terbuat dari kayu semakin membuat pengunjung merasakan suasana alami di tengah kota. Lampu taman dengan gaya klasik pun membuat kafe ini semakin nyaman dan menarik. Di depan teras anda dapat menemui tugu bertuliskan “Bandung” yang instagramable untuk berfoto.

Jika kalian ingin merasakan suasana yang lebih sejuk ditemani hembusan angin pagi, kalian bisa memilih di lantai dua. Selain itu, minimarket di kafe ini pun berbentuk gerbong kereta yang memang menjadi ciri khas Loko Coffe Shop ini. 




Menu makanan dan minuman yang ditawarkan kafe ini pun cukup terjangkau. Dengan harga tersebut, menurut saya sangat sesuai dengan pelayanan dan kualitas kafe ini. Protokol kesehatan Covid-19 pun sangat ketat. Saat kalian akan masuk, petugas keamanan langsung mengecek suhu tubuh anda. Wastafel dan handsanitizer pun sudah disiapkan pengelola untuk para pengunjung.

Sekadar informasi, kafe ini dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Menurut informasi yang saya dapat dari salah satu pelayan dan petugas keamanan kafe, Loko Coffee ini sudah ada hampir satu tahun. Namun baru diresmikan sekitar bulan Mei 2020 lalu. Sebelumnya kafe ini masih terhalang oleh bangunan warung-warung. 

Buat kalian yang penasaran, bisa langsung datang ke sini. Kalian yang datang dari luar kota Bandung dan membawa sepeda ke dalam kereta api, bisa langsung singgah di sini. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari 07.00-21.00 dan 07.00-22.00 di akhir pekan. Selamat bersepeda dan jangan lupa taati peraturan lalu lintas!

 

Saran, kritik, maupun koreksi bisa kalian sampaikan melalui email muhfauzanp@gmail.com atau langsung di kolom komentar

Terima kasih.

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar